Senin, 11 Februari 2013

Tegra 4 Dirilis, Nvidia Makin Percaya Diri Tantang Qualcomm


Tahun lalu Nvidia menggembrak industri mobile dunia dengan merilis chip prosesor terbaru quad core dengan nama Tegra 3. Dan tahun ini, Nvidia kembali merilis chip prosesor penyempurna Tegra 3dengan nama Tegra 4 dan seolah memperlihatkan Nvidia begitu percaya diri melawan dominasiQualcomm.




Saat ini, pemasok utama chip prosesor untuk industri mobile seperti perangkat smartphone dan tablet lebih dikuasai 2 pemain besar yaitu Qualcomm dan Nvidia. Walaupun ada nama lain seperti Texas Instrument dan juga Intel dan Exynos buatan Samsung, namun hanya Nvidia dan Qualcomm yang sepertinya layak disebut pemain besar di industri mobile.
Berbekal kemampuan yang dimiliki chip prosesor Tegra 4, Nvidia yakin sekali mereka akan memperoleh pangsa pasar lebih besar lagi di tahun 2013 ini. Tegra 4 bakal punya kemampuan 2.6 kali lebih mumpuni soal kecepatan dibanding Tegra 3. Tak hanya itu, chip prosesor Cortex A15  yang ada pada Tegra 4 disebut-sebut yang terbaik sampai saat ini.
Tegra 4 punya teknologi Computational Photography Architecture yang mampu memproses gambar yang ditangkap oleh kamera. Fungsinya yaitu memproses gambar hasil kamera jauh lebih cepat dan sanggup memproses beberapa foto hanya dalam hitungan detik.

Tegra 4 juga dipersenjatai 72 core GPU yang sudah diset maksimal oleh Nvidia. GPU yang dimiliki Tegra 4 diklaim jauh lebih baik ketimbang yang ada pada Power SGX 543 MP3 sekalipun.
Untuk urusan efisiensi daya, Tegra 4 bakal lebih irit dibandingkan dengan Tegra 3. Tegra 4 menurut Nvidia lebih irit 45% soal konsumsi baterai dibandingkan dengan Tegra 3.
Namun sampai saat ini, belum ada kejelasan kapan Nvidia bakal dipasang pada sebuah smartphone dan tablet. Tapi melihat cepatnya perkembangan teknologi saat ini,  tidak menutup kemungkinan prosesor Tegra 4 bakal secepatnya dipasangkan pada smartphone dan tablet oleh vendor-vendor gadget dunia.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar